Kode Etik Distributor
  • Beranda>
  • Perusahaan>
  • Kode Etik Distributor

Peraturan dan Kode Etik PT Tan-Tan Indonesia (PT TTI)

Pasal 1
Penjelasan Umum

Peraturan dan Kode Etik Perusahaan dibuat sebagai tatanan dan pedoman bagi seluruh member PT Tan-Tan Indonesia dalam menjalankan bisnis sebagai partner perusahaan. Peraturan dan Kode Etik ini berisi tentang persyaratan, ketentuan, prosedur dan tata tertib yang bersifat mengikat antara member dengan perusahaan, sehingga para member dapat memahami hak dan kewajibannya dalam menjalankan bisnis di PT TAN TAN. Dalam kode Etik ini yang dimaksud dengan:
  1. PERUSAHAAN adalah PT TAN TAN INDONESIA (untuk selanjutnya disebut TAN TAN) yang bergerak di bidang usaha perdagangan produk, dimana sistem atau cara pemasarannya dilakukan melalui kegiatan penjualan berjenjang (Multi Level Marketing / Direct Selling).
  2. MEMBER adalah orang perorang yang bergabung dan memasarkan Produk dalam jaringan pemasaran yang telah dimiliki dan dikembangkan oleh TAN TAN dan telah mendapatkan persetujuan dari TAN TAN untuk menjadi anggota dari usaha perusahaan dan bukan merupakan bagian dari struktur organisasi perusahaan.
  3. POSISI adalah jenjang karir Member dalam usaha TAN TAN dengan urutan atau level sebagai berikut:
    1. a. Member (M)
      b. Silver (S)
      c. Prime (P)
      d. Gold (G)
      e. Royal (R)
  4. UPLINE adalah Member yang mengajak orang lain untuk bergabung sebagai mitra bisnis TAN TAN.
  5. PARTNER (Downline) adalah Member yang diajak bergabung oleh Upline .
  6. KONSUMEN adalah pembeli akhir dari produk?produk yang dipasarkan TAN TAN dengan tujuan untuk dipakai sendiri dan tidak diperdagangkan.
  7. KEYSHINE SHARE MARKETING / MARKETING PLAN adalah sistem perhitungan komisi, keuntungan lainnya dan jenjang karier atau posisi yang akan dicapai oleh Member dalam mengembangkan usahanya.
  8. PRODUK adalah setiap barang yang dipasarkan oleh TAN TAN kepada para Member .
  9. JARINGAN adalah seluruh Member yang berada dalam kelompok pohon Member yang bersangkutan.
  10. KADALUARSA secara normal adalah berhentinya keanggotaan seorang Member sesuai dengan tanggal kedaluwarsa yang tercantum di kartu anggotanya, bukan karena dihentikan secara paksa atau dicabut atau mengundurkan diri.
  11. MEMBER AKTIF adalah seorang Member yang status keanggotaannya masih berlaku atau belum mencapai tanggal kedaluwarsa sebagaimana tercantum dalam kartu keanggotaannya serta mengikuti & menjalankan kegiatan yang tetapkan oleh Tan Tan.
  12. STARTER KIT adalah panduan yang diberikan oleh TAN TAN kepada Member baru yang berisi antara lain : Marketing Plan, Kode Etik, Brosur Produk / Katalog Produk, Daftar Harga, Company Profile, Formulir-Formulir keanggotaan dan alat bantu lainnya. Isi starter kit ini akan terus dilakukan perubahan ? perubahan baik pengurangan maupun penambahan sesuai kebutuhan.
  13. FORMULIR PENDAFTARAN KEANGGOTAAN ( FPK ) adalah Formulir yang memuat data Member yang wajib diisi pada saat bergabung di Tan Tan.
  14. PERIODE BULAN berjalan adalah mulai dari tanggal 1 bulan berjalan s.d tanggal akhir bulan berjalan tersebut.
  15. CENTER adalah tempat dan/atau outlet atau gerai yang ditunjuk TAN TAN dimana Member dapat membeli produk / mengurus administrasi kememberan serta mendapatkan informasi tentang usaha TAN TAN .
  16. WEBSITE Resmi TAN TAN, informasi elektronik yang telah terdaftar atas nama TAN TAN, sebagai sarana pengembangan usaha, informasi usaha, promosi dan pendaftaran keanggotaan dan lain ? lain
  17. POIN VALUE (PV) adalah suatu nilai dari setiap produk yang dipasarkan TAN TAN dimana nilai ini dipergunakan untuk menentukan :
    1. a. Besarnya persentase komisi yang didapat seorang Member
      b. Posisi seorang Member
      c. Pencapaian atau pemenuhan persyaratan dalam sistem Marketing Plan
  18. BONUS adalah Nilai komisi dari setiap produk yang dipergunakan sebagai dasar perhitungan komisi seorang Member
  19. FORMULIR PEMBARUAN DATA (disingkat FPD) adalah formulir yang harus diisi oleh Member pada saat yang bersangkutan ingin memperpanjang masa keanggotaannya secara manual dan diisi sebelum masa keanggotaan berakhir atau kedaluwarsa.
  20. FORMULIR PERUBAHAN DATA 1 (disingkat FPD1) adalah formulir yang harus diisi oleh Member karena adanya perubahan data dan atau keadaan diri yang bersangkutan, misalnya perubahan alamat email, rekening bank untuk pengiriman komisi, perubahan ahli waris, dan lain ? lain yang diajukan ke PT Tan Tan .
  21. PIN POSISI / SERTIFIKAT adalah yang diberikan kepada seorang Member sebagai penghargaan Tan Tan atas pencapaian posisi tertentu sesuai kebijakan Tan Tan.
  22. KOMISI MINGGUAN, adalah komisi yang diberikan tiap ? tiap minggu kepada seorang Member yang berhak memperolehnya karena telah memenuhi ketentuan dan syarat ? syarat yang ditentukan di marketing Plan Tan Tan.
  23. KOMISI BULANAN adalah komisi yang diberikan tiap-tiap bulanan oleh Tan Tan kepada seorang Member yang berhak memperolehnya karena telah memenuhi ketentuan dan atau syarat ? syarat yang ditentukan Tan Tan.
  24. DAFTAR HARGA adalah panduan yang berisi daftar harga pembelian dan penjualan bagi Member.
  25. SUPPORT SYSTEM adalah Pelatihan / Training berjenjang untuk para member Tan Tan dalam membesarkan Jaringannya (Pelatihan / Training seperti : Pengenalan Produk & Bisnis, Bagaimana memulai Bisnis, KOP : Keyshine Opportunity Presentation , Leader Camp dan Tarining lainnya)

    Pasal 2
    Keanggotan Member

  1. Kesempatan untuk menjadi Member Tan Tan adalah sama untuk setiap orang dan tidak bergantung pada jenis kelamin, suku, golongan maupun agama. Seorang Member harus memiliki kewarganegaraan Indonesia dengan Kartu Tanda Penduduk Indonesia.
  2. Usia minimal 18 tahun, mempunyai Sponsor yang telah bergabung / terdaftar sebagai member Tan Tan, Membayar Biaya Pendaftaran (Stater Kit), Melampirkan Fotokopi KTP & NPWP serta photo.
  3. Seorang calon Member adalah perseorangan atau pemohon mandiri dan bukan atas nama perusahaan / komunitas / organisasi yang telah mengisi dan menandatangani FPK berarti calon member telah sepakat untuk mematuhi ketentuan ? ketentuan yang terdapat dalam kode etik dan peraturan member ini dan Marketing Plan yang berlaku berikut dengan perubahan ? perubahan yang dilakukan dari waktu ke waktu oleh Tan Tan.
  4. Setiap Member mulai posisi SILVER ( S ) sampai dengan ROYAL ( R ) dan posisi diatas nya jika ada posisi baru dianggap telah membaca, mengerti dan memahami serta melakukan segala ketentuan yang diatur dalam kode etik dan peraturan member ini dan Marketing Plan yang berlaku dengan baik dan benar termasuk perubahan ? perubahan yang dilakukan dari waktu ke waktu oleh Tan Tan.
  5. Setiap Member harus menjaga nama baik Tan Tan dan segenap karyawannya serta tidak mencemarkan dan atau menjelekkan nama baik Tan Tan dan atau Member lainnya. Tan Tan secara sepihak berhak mencabut keanggotaan seorang Member yang telah melakukan perbuatan yang nyata-nyata mengakibatkan pencemaran nama baik Tan Tan akibat perbuatan tersebut tanpa memberikan peringatan terlebih dahulu kepada member tersebut.
  6. Tan Tan berhak mencabut keanggotaan seorang Member yang telah terbukti secara hukum terlibat tindak pidana penyalahgunaan narkoba, perjudian, pencurian, penipuan maupun perbuatan asusila tanpa memberikan peringatan terlebih dahulu kepada member tersebut.
  7. Setiap member berhak mengajak calon member-member baru di seluruh wilayah hukum Indonesia.
  8. Setiap member adalah berdiri sendiri, tidak termasuk dalam struktur organisasi Tan Tan dan tidak mempunyai ikatan jam kerja dengan Tan Tan sehingga tidak berhak mendapatkan gaji atau tunjangan dari Tan Tan dalam bentuk apapun juga dan member juga tidak berhak menuntut Tan Tan untuk memberikan tunjangan seperti yang dimaksud.
  9. Segala perubahan dan hal-hal lain yang berhubungan dengan status kememberan harus disampaikan secara tertulis kepada Tan Tan dimana tanda tangan member yang bersangkutan harus sama dengan tanda tangan yang terdapat pada FPD atau identitas terakhir yang terlampir. Apabila terdapat perbedaan tanda tangan antara yang tertera pada FPD dengan tanda tangan pada permohonan perubahan data, Tan Tan berhak untuk mengabaikan permohonan tersebut.
  10. Seluruh perubahan data kememberan harus disampaikan melalui Formulir Perubahan Data (FPD) yang telah ditetapkan Tan Tan .

Pasal 3
Pendaftaran Member Baru

  1. Pendaftaran member baru harus dilakukan ditempat yang ditunjuk Tan Tan yaitu kantor cabang Tan Tan atau Centre Tan Tan dan/atau melalui pendaftaran secara elektronik ( online / aplikasi ) atau website resmi Tan Tan. Tan Tan tidak dapat menerima pendaftaran member baru yang dilakukan selain di tempat yang ditunjukkan oleh Tan Tan.
  2. Setiap permohonan pendaftaran member baru dapat diajukan dengan ketentuan bahwa calon member harus sudah berumur minimal 18 (Delapan belas) tahun.
  3. Untuk menjadi seorang member, seorang pemohon pertama-tama harus diajak bergabung oleh salah seorang member lainnya yang masih aktif dan masa keanggotaannya belum kedaluwarsa.
  4. Untuk mendaftar keanggotaan, setiap pemohon dikenakan biaya pendaftaran yang besarnya ditentukan oleh Tan Tan dan akan mendapatkan 1 (satu) set Starter Kit, dan apabila permohonan keanggotaan disetujui, maka yang bersangkutan sudah menjadi member Tan Tan.
  5. Para member yang akan bergabung harus dalam kondisi sehat jasmani, rohani, dan psikologis.
  6. Keanggotaan Member Tan Tan adalah 1 tahun sejak bergabung jika akan memperpanjang harus mengajukan perpanjangan keanggotaan dengan mengisi Formulir Pembaruan Data (FDT) dan membayar Rp 50.000 atau mempunyai akumulasi 2.000.000 PV selama 1 tahun maka otomatis diperpanjang.

Pasal 4

  1. Pendaftaran menjadi member harus dibuat pada FPK (Formulir Pendaftaran Keanggotaan) baik secara manual dan atau secara elektronik yang dikeluarkan oleh Tan Tan. Semua pertanyaan dan persyaratan dengan formulir tersebut harus diisi atau dijawab dengan jujur dan disertai persyaratan lengkap, dimana hasilnya harus disetujui dahulu oleh Tan Tan.
  2. Calon member yang telah menyerahkan dan menandatangani FPK dapat melakukan pembelian produk, dengan konsekuensi sebagai berikut :
    1. a. Jika permohonan yang bersangkutan DISETUJUI, maka segala pembelian produk member baru yang telah dilakukan secara otomatis akan diperhitungkan dan diakui pada bulan tersebut.
      b. Jika permohonan yang bersangkutan DITANGGUHKAN, maka segala pembelian produk yang telah dilakukan oleh yang bersangkutan secara otomatis akan diperhitungkan dan diakui setelah segala syarat-syarat kekurangannya dipenuhi.
      c. Jika permohonan yang bersangkutan DITOLAK, maka segala pembelian produk yang telah dilakukan tidak akan diperhitungkan atau diakui. Tan Tan berhak untuk tidak memberitahukan alasan penolakan tersebut.

Pasal 5
Larangan Keanggotaan Ganda

  1. Seorang member hanya boleh memiliki satu nomor keanggotaan, baik dengan nama yang sama ataupun nama yang berbeda dengan identitas yang ada, maka yang diakui atau digunakan adalah keanggotaan yang terdahulu. Sedangkan yang baru akan segera dicabut (dibatalkan) tanpa peringatan terlebih dahulu.
  2. Seseorang yang sudah tidak menjadi member (kedaluwarsa secara normal) dan kemudian berkeinginan kembali menjadi member haruslah menunggu selama minimal 6 (enam) bulan sebelum mendaftarkan diri kembali dimana jika disetujui Tan Tan, yang bersangkutan akan diperlakukan sebagai member baru, mendapatkan Starter Kit, nomor keanggotaan yang baru dan berposisi awal sebagai member
  3. Apabila terbukti bahwa seorang member aktif, kemudian mendaftarkan kembali keanggotaannya dengan menggunakan upline yang lain, baik karena kemauan sendiri maupun karena dipengaruhi orang lain, maka keanggotaannya yang baru akan dicabut dan seluruh jaringan dari keanggotaan yang baru tersebut, akan secara otomatis dipindahkan kepada upline terdahulu.
  4. Tan Tan berhak sepenuhnya untuk tidak memindahkan seluruh jaringan kepada upline terdahulu, apabila menurut pertimbangan Tan Tan akan membawa dampak yang kurang baik atau menimbulkan suasana yang tidak kondusif dalam jaringan tersebut.

Pasal 6
Keanggotaan Suami Istri dan Bujangan

  1. Setiap satu nomor keanggotaan berlaku untuk seorang member yang tercatat dalam FDD.
  2. Member yang masih tidak terikat dalam suatu pernikahan dan kemudian menikah, maka dalam tenggang waktu 1 (satu) bulan setelah pernikahannya, member tersebut harus memberitahukan kepada Tan Tan tentang perubahan status pernikahannya dengan cara mengisi FPD.
  3. 3.Jika sepasang suami istri, keduanya sudah menjadi member sebelum menikah dan salah satunya belum mencapai posisi Royal, maka yang bersangkutan boleh menggunakan 2 nama masing-masing.

Pasal 7

  1. 1.Apabila seorang member memiliki lebih dari 1 (satu) istri yang sah maka segala hadiah dan fasilitas (seperti perjalanan ke luar negeri, asuransi kecelakaan, pin, serifikat, hadiah promo) hanya dapat diberikan kepada member dan/atau seorang istri yang namanya telah ditunjuk oleh member dalam FPK .
  2. Jika member bercerai, maka yang berhak terhadap keanggotaan Tan Tan yang telah terdaftar untuk pasangan suami istri tersebut adalah yang namanya tercantum dalam FPK (bukan nama pasangan), kecuali ada kesepakatan bersama atau jika pihak pengadilan menentukan lain. Segala akibat hukum yang timbul di kemudian hari akibat adanya perceraian tersebut adalah menjadi kewajiban dan tanggung jawab member yang bersangkutan serta pasangannya.

Pasal 8
Pewarisan Keanggotaan

  1. Jika seorang member meninggal dunia, maka keanggotaannya tersebut dengan sendirinya dilimpahkan kepada pasangannya yang masih hidup, kecuali seluruh ahli warisnya membuat kesepakatan tersendiri yang dibuat dihadapan notaris dan mengajukan kepada Tan Tan serta telah disetujui oleh pasangan tersebut. Pasangan yang masih hidup tersebut wajib menunjukan akta kematian pasangannya, dan surat keterangan waris, serta menandatangani FPD.
  2. Bagi member yang belum menikah atau sudah bercerai maka keanggotaannya dapat diwariskan kepada ahli waris yang namanya tercantum dalam FPK atau FPD.
  3. Apabila terjadi suatu sengketa sehubungan dengan pewarisan kememberan Tan Tan akan mengikuti keputusan akhir dari pengadilan. Selama dalam proses penyelesaian sengketa tersebut kememberannya dapat diambil alih sementara oleh Tan Tan sampai mendapat keputusan hukum yang tetap.
  4. Jika ternyata si penerima warisan telah menjadi member Tan tan, maka yang bersangkutan wajib memilih keanggotaan salah satu di antaranya, dimana yang satunya lagi dapat dihibahkan kepada orang lain.
  5. Jika seorang penerima warisan belum berumur 17 (tujuh belas) tahun, maka Tan Tan berhak menunjuk seorang dari kerabat keluarga si penerima warisan untuk menjadi walinya sampai si penerima warisan berumur 17 (tujuh belas) tahun.
  6. Dalam hal si penerima waris juga meninggal dunia, maka Tan Tan akan menunjuk ahli waris terdekat sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia atau berdasarkan hasil musyawarah para ahli waris yang ada (yang dibuat dihadapan notaris).
  7. Dalam hal pewarisan kememberan, maka segala hadiah dan fasilitas (seperti perjalanan ke luar negeri, asuransi kecelakaan, pin, serifikat, hadiah promo) tidak dapat dipindahkan kepada si penerima warisan, kecuali fasilitas-fasilitas umum seperti komisi bulanan. Segala fasilitas dan hadiah lainnya dapat dinikmati jika si penerima warisan mengalami kenaikan posisi ataupun memenuhi persyaratan seperti yang tercantum dalam Marketing Plan.

Pasal 9

  1. Keanggotaan Member tidak dapat dialihkan dengan cara apapun termasuk hibah maupun jual beli keanggotaan kepada pihak lain kecuali:
    1. Karena adanya perkawinan antar member sebagaimana Pasal 6.
    2. Karena adanya pewarisan sebagaimana tercantum dalam Pasal 8.

Pasal 10
Berhentinya Keanggotaan Seorang Member

  1. Masa keanggotaan seorang member dinyatakan berakhir apabila:
    1. Telah habis masa berlakunya dan tidak diperpanjang lagi oleh yang bersangkutan, maka segala hadiah dan fasilitas yang belum dinikmatinya secara otomatis akan dianggap hangus.
    2. Member yang bersangkutan mengundurkan diri dengan terlebih dahulu menyampaikan permohonan tertulis kepada Tan Tan dan telah disetujui oleh Tan Tan.
    3. Dicabut keanggotaannya oleh Tan Tan karena pelanggaran kode etik.
    4. d.Dicabut keanggotaannya oleh Tan Tan karena ada keputusan atau perintah dari pengadilan.
  2. Jika berakhirnya keanggotaan karena dicabut sebagaimana dimaksud dalam ayat 1.c dan/atau ayat 1.d, maka segala fasilitas dan komisi yang belum diterima secara otomatis dinyatakan hangus.
  3. Seorang Member yang sudah dicabut keanggotaannya, baru dapat memohon kembali menjadi member setelah 6 (enam) bulan kemudian dengan pertimbangan yaitu pelanggaran yang dilakukan sebelumnya masih dapat ditolerir oleh Tan Tan. Yang bersangkutan akan mendapat nomor keanggotaan baru dan memulai usahanya dari awal (posisi Member).
  4. Tan Tan berhak sepenuhnya tanpa harus memberikan alasan untuk menolak apabila seorang member yang sudah dicabut karena melanggar kode etik, bermaksud mendaftarkan diri kembali menjadi member Tan Tan.

Pasal 11
Perpanjangan Keanggotaan

  1. Keanggotaan seorang member berlaku selama 1 (satu) tahun penuh. Misalnya, seseorang disetujui menjadi member pada tanggal 10 Juni, maka keanggotaannya akan berakhir pada tanggal 30 Juni di tahun berikutnya. Apabila member yang bersangkutan ingin memperpanjang keanggotaannya, maka yang bersangkutan wajib menandatangani FPK dan membayar iuran tahunan perpanjangan yang besarnya akan ditetapkan oleh Tan Tan 1 (satu) bulan sebelum jangka waktu keanggotaannya berakhir.
  2. Keanggotaan seorang member dapat di perpanjang dengan cara-cara sebagaimana berikut ini:
    1. Sistem Perpanjangan Manual Bagi member yang ingin memperpanjang keanggotaan secara manual, diwajibkan mengisi formulir Pembaruan Keanggotaan, melunasi biaya perubahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan menandatangani Formulir Pembaruan Keanggotaan tersebut. Tanda tangan pada formulir tersebut harus sama dengan yang tertera pada FDD atau FPD, jika tidak sama maka permohonan perpanjangan tersebut akan ditolak oleh Tan Tan.
    2. Dalam hal masa keanggotaan sudah berakhir atau kedaluwarsa, member akan diberikan kesempatan terakhir sampai dengan tanggal 25 (dua puluh lima) bulan berikutnya.
  3. Biaya perpanjangan keanggotaan ditentukan secara terpisah dimana member yang bersangkutan akan menerima 1
  4. Untuk member dengan posisi member biasa, apabila bermaksud memperpanjang keanggotaannya maka yang bersangkutan harus melakukan pembayaran iuran tahunan sebesar nominal yang ditentukan Tan Tan sebelum berakhirnya masa keanggotaan

Pasal 12
Tanggung Jawab dan Kewajiban Upline

  1. Seorang Upline wajib menjaga perilaku yang baik dengan memberikan bimbingan, pelatihan dan penjelasan segala sesuatu hal yang berhubungan dengan usaha Tan Tan dengan benar, tulus dengan tidak memberikan keterangan yang menyesatkan (menipu) para Partner atau calon partnernya baik dalam hal produk maupun marketing Tan Tan dan informasi lainnya.
  2. Untuk melindungi dan membangun jaringan member maka seorang Upline tidak diperbolehkan menawarkan, membujuk, berusaha mengajak, mempengaruhi atau merebut calon partner baru yang sudah mempunyai Upline lain, termasuk kepada member yang keanggotaannya masih berlaku, baik yang berada dalam jaringannya maupun dalam jaringan member lain untuk pindah jaringan, secara langsung maupun tidak langsung.
  3. Seorang Upline tidak diperbolehkan memperpanjang kartu Partner yang telah habis masa berlakunya tanpa persetujuan dan sepengetahuan partner yang bersangkutan, yang dibuktikan dengan tanda tangan yang sah sebagaimana tercantum dalam FPD.
  4. Member dilarang memasang iklan baik media cetak maupun melalui Internet untuk mencari atau memperoleh calon downline baru dengan cara yang mengesankan seolah-olah memberikan suatu lowongan pekerjaan baru.
  5. Apabila member hendak membuat website secara elektronik sebagai sarana pengembangan usahanya, harus terlebih dahulu mengajukan permohonan dan mendaftarkan kepada Tan Tan. Persetujuan atau penolakan permohonan tersebut menjadi Hak Mutlak Tan Tan. Apabila dalam perjalanannya setelah disetujui oleh Tan Tan ternyata isi dari website member tersebut bertentangan dengan ketentuan dan kode Etik dari Tan Tan, maka Tan Tan berhak untuk mencabut persetujuannya dan pada saat itu member harus menutup websitenya.

Pasal 13

  1. Tan Tan dapat melakukan tindakan administratif berupa himbauan, peringatan, peringatan keras, maupun pencabutan terhadap pelanggaran ketentuan sebagaimana yang diatur dalam Pasal 10, 22, 23, 24, 25, 27.

Pasal 14
Penghitungan dan Pembayaran Komisi

  1. Satu periode penjualan adalah tanggal 1 bulan berjalan s.d. akhir bulan berjalan tersebut sesuai dengan kalender masehi.
  2. Hanya para member yang memenuhi syarat yang ada di Marketing Plan saja yang akan mendapatkan komisi.
  3. Komisi yang berhak diterima member akan dibayarkan dangan cara :
    1. Transfer langsung Ketentuan ini mengatur bagi member yang memperoleh komisi mingguan dan/atau bulanan, maka Tan Tan akan mengirimkan langsung komisi yang diterima member melalui bank yang ditunjuk member yang bersangkutan. Segala biaya yang akan dibebankan oleh bank terhadap pengiriman komisi menjadi beban dan tanggung jawab member yang bersangkutan, dimana biaya tersebut akan dipotong langsung dari komisi tersebut. Tan Tan tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu terhadap komisi seseorang member setelah transaksi melalui bank tersebut dilakukan.
    2. Setiap member, wajib memiliki rekening bank atas namanya sendiri atau pasangannya yang sah secara hukum.
    3. Pembayaran Bonus dihitung harian & bulanan dibayarkan mingguan dan bulanan sesuai yang berlaku pada Marketing Plan
    4. Pemberian Trip / Reward / Hadiah akan diatur sesuai kebutuhan perusahaan dalam Promo Trip & Reward tersebut
  4. Penghitungan dan pengiriman komisi ini juga mengikuti sistem perpajakan yang berlaku di Indonesia, dimana setiap member yang mendapatkan komisi akan langsung dipotong pajak penghasilan (PPh) sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku. Segala perpajakan dari seorang member manjadi beban dan tanggung jawab seorang member yang bersangkutan dan tidak ada sangkut pautnya dengan Tan Tan.

Pasal 15
Hak dan Kewajiban Member

Hak Member :

  1. Member berhak atas persamaan perlakuan bagi sesama member sesuai tingkatan kememberannya
  2. Member berhak mendapatkan produk yang berkualitas baik dari perusahaan
  3. Member berhak mendapatkan imbalan finansial berupa komisi dari perusahaan atas aktivitas kememberannya sesuai ketentuan yang telah ditetapkan di marketing plan oleh perusahaan
  4. Member berhak mendapatkan penjelasan dan informasi yang memadai dari perusahaan mengenai produk ? produk, Marketing Plan, Promo-promo, Suport System Tan Tan
  5. Member berhak mendapatkan pelatihan, bimbingan, pengarahan tentang penjualan berjenjang Tan Tan baik dari perusahaan maupun dari Up Line

Kewajiban Member :


  1. Member bertanggung jawab terhadap segala akibat yang timbul dalam melakukan aktivitas kememberan yang dilakukan menyimpang dari aturan yang ditentukan oleh perusahaan
  2. Member bertanggung jawab untuk tidak mengklaim dirinya atau suatu kelompok member tertentu menguasai atau mempunyai wilayah penjualan secara monopoli
  3. Member bertanggung jawab untuk tidak bertindak untuk dan atas nama perusahaan, mewakili perusahaan melakukan pengikatan hukum dengan pihak lain atau mewakili seolah-olah dirinya adalah wakil dari perusahaan
  4. Member bertanggung jawab untuk tidak membuat alat bantu apapun baik berupa gambar, visual, alat peraga, apapun dalam melakukan aktivitas kememberan tanpa ijin tertulis dulu dari perusahaan
  5. Member bertanggung jawab untuk tidak menjual atau mengedarkan produk yang tidak layak pakai atau tidak layak konsumsi
  6. Member bertanggung jawab untuk tidak mengubah, merusak, mengurangi baik sebagian atau seluruhnya atas kemasan, stiker, logo, lambang, bentuk, brosur-brosur, alat bantu usaha lainnya yang telah secara resmi ditetapkan oleh perusahaan
  7. Member bertanggung jawab untuk tidak melakukan penjualan produk dan atau memajang produk di toko obat, apotik, warung, super market atau melakukan penjualan di luar dari acara-acara yang telah ditentukan oleh perusahaan
  8. Member bertanggung jawab untuk tidak melakukan penjualan produk di bawah harga yang telah ditetapkan perusahaan
  9. Tanpa ijin tertulis terlebih dahulu dari perusahaan, Member bertanggung jawab untuk tidak menggunakan nama dagang, desain, logo Tan Tan baik sebagian maupun seluruhnya
  10. Member bertanggung jawab untuk tidak mempengaruhi Member dari jaringan lain untuk masuk kedalam satu jaringan kememberan tertentu
  11. Dalam melakukan aktivitas kememberan, member bertanggung jawab untuk tidak melakukan tindakan mencela, menghina, mengancam member lain
  12. Member wajib melakukan pembinaan, pelatihan, dan motivasi bagi member yang direkrutnya menurut cara-cara yang tidak bertentangan dengan kaidah-kaidah yang digariskan perusahaan
  13. Member wajib memberikan tanda bukti pembayaran kepada konsumen pada saat menjual produk
  14. Member wajib memahami dan mematuhi semua peraturan yang dikeluarkan perusahaan
  15. Member wajib bertingkah laku sopan, simpatik, jujur dalam melakukan aktivitas kememberan Member yang telah mencapai peringkat Minimal Silver wajib mengikuti training / pelatihan yang telah ditentukan oleh Tan Tan

Pasal 16
Hak dan Kewajiban Perusahaan


Hak Perusahaan :

  1. Membuat dan menjalankan Peraturan perusahaan / kode etik
  2. Menerima atau menolak setiap pengajuan kememberan Tan Tan sesuai peraturan kode etik
  3. Memberikan teguran hingga pencabutan kememberan jika terindikasi melakukan kesalahan
  4. Menentukan produk ? produk yang bermanfaat untuk pelayanan member / konsumen

Kewajiban Perusahaan :

  1. Tan Tan Indonesia sebagai Perusahaan Multi Level Marketing / Direct Selling mempunyai kewajiban sebagai berikut :
    1. Menerbitkan harga jual barang produk dalam rupiah (Rp)
    2. Melaksanakan pembinaan dan pelatihan untuk membentuk member yang professional
    3. Memberikan kesempatan yang sama kepada semua member untuk berprestasi
    4. Tan Tan Indonesia sebagai Perusahaan Multi Level / Direct Selling
  2. Perusahaan tidak akan melakukan hal sebagai berikut :
    1. Menjual barang atau produk secara tidak benar atau berbeda atau bertentangan dengan keadaan yang sebenarnya
    2. Perusahaan tidak akan menarik atau mendapatkan keuntungan melalui uang Pendaftaran keanggotaan dalam jumlah yang besar, tidak rasional dan lebih dari 1 (satu) kali
    3. Mengharuskan member untuk membeli barang atau produk dalam jumlah besar melebihi kemampuan menjual
    4. Melakukan perdagangan yang terkait dengan pemberian imbalan / konpensasi yang tidak wajar
    5. Melakukan kegiatan usaha perdagangan diluar izin yang diberikan oleh pemerintah
    6. Memberikan komisi kepada semua member sesuai yang di atur dalam ketentuan marketing plan
    7. Indonesia (Pelatihan / Training seperti : Pengenalan Produk & Bisnis, Bagaimana memulai Bisnis, KOP : Keyshine Opportunity Presentation, TWS - The Winner Seminar dan Tarining lainnya)
    8. Membuat Promo Trip atau Reward yang diatur oleh perusahaan sesuai kebutuhan pengembangan jaringan

Pasal 17
Jaminan Kualitas Barang, Pengembalian dan Pembelian Kembali

  1. Pembelian produk-produk Tan Tan hanya dapat dilakukan secara tunai (cash), Kartu Kredit, atau transfer Bank ke rekening Tan Tan
  2. Tan Tan akan menolak segala pembelian yang dilakukan dengan cara menggunakan kartu anggota yang telah berakhir masa berlakunya, karena telah kedaluwarsa maupun karena dicabut keanggotaannya oleh TaTan
  3. Seorang member berhak mendapatkan harga yang sama (harga member) untuk setiap produk yang dibeli dari Tan Tan sesuai dengan daftar harga yang dikeluarkan oleh Tan Tan untuk masing-masing daerah
  4. Harga member yang tercantum dalam daftar harga yang dikeluarkan Tan Tan sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
  5. Tan Tan berhak sewaktu-waktu membatasi atau menghentikan pembelian produk seorang member jika dianggap diluar batas kewajaran
  6. Tan Tan menjamin untuk melakukan pembelian kembali produk-produk yang telah dibeli oleh member dan/atau konsumen, bilamana terdapat cacat atau kerusakan produk atau produk telah melewati masa kedaluwarsa yang disebabkan oleh kelalain Tan Tan
  7. Tan Tan akan memberikan masa tenggang waktu selama 10 (sepuluh) hari kerja kepada calon mitra usaha untuk memutuskan menjadi mitra usaha, atau membatalkan pendaftaran keanggotaannya dengan mengembalikan starter kit dan produk yang diterima dalam kondisi baik
  8. Tan Tan memberikan waktu selama 7 (tujuh) hari kerja kepada mitra usaha dan konsumen untuk mengembalikan produk / barang, apabila ternyata produk / barang tersebut tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Pengembalian dan penukaran barang tersebut tidak mencakup terhadap barang yang sengaja dirusak, dicemarkan atau disalah gunakan
  9. Tan Tan membeli kembali produk / barang, bahan promosi (brosur, katalog, atau leaflet), dan alat bantu penjualan (Starter kit) yang dalam kondisi layak jual dari harga pembelian awal mitra usaha / member ke perusahaan dengan dikurangi biaya administrasi 10% (sepuluh persen) dan nilai setiap manfaat yang telah diterima oleh mitra usaha / member berkaitan dengan pembelian produk / barang tersebut, apabila mitra usaha / member mengundurkan diri atau diberhentikan oleh perusahaan

Pasal 18
Ketentuan Penjualan

  1. Perusahaan wajib melakukan pelayanan purna jual terhadap setiap member & konsumennya
  2. member dilarang mencabut dan/atau merusak dan/atau mengganti segala label atau stiker yang tertera pada setiap kemasan produk, brosur ataupun alat bantu jual lainnya yang dikeluarkan Tan Tan yang dapat menyebabkan kesalahpahaman oleh konsumen
  3. Member tidak boleh membuat suatu penjelasan sendiri berkenaan dengan produk-produk Tan Tan, selain dari yang tertulis pada label produk atau pada brosur-brosur resmi yang dikeluarkan Tan Tan, kecuali secara resmi telah mendapat izin dari Tan Tan
  4. Member dilarang menjual produk-produk yang sudah kedaluwarsa atau rusak
  5. Member yang hendak membuka stand pameran produk Tan Tan dalam suatu acara bisnis tidak diperbolehkan melakukan penjualan, kecuali telah mendapat izin secara tertulis dari Tan Tan untuk membuka stand pameran produk tersebut

Pasal 19

  1. Ketika seorang member menjual produk (dalam keadaan bagaimanapun) tidak boleh salah dalam menjelaskan kualitas, daya guna, cara pemakaian ataupun kandungan dari produk-produk yang dipasarkan oleh Tan Tan
  2. Member harus sopan dan tidak memaksa pada saat menawarkan produk-produk Tan Tan
  3. Setiap member harus memberikan nota pembelian (kwitansi pembelian) kepada konsumennya apabila diminta. Setiap nota pembelian harus mencantumkan jumlah produk, jenis produk, jumlah harga, nama, nomor kode, tanggal transaksi dan tanda tangan member yang bersangkutan
  4. Pada setiap penjualan member wajib memberikan penjelasan yang benar mengenai Jaminan Kepuasan Konsumen dan jika dikemudian hari konsumen tersebut menggunakan haknya sesuai jaminan tersebut, member yang bersangkutan wajib melayani sebaik dan secepat mungkin sebagaimana diatur dalam Undang-undang Perlindungan Konsumen
  5. Member tidak berhak menjelaskan dengan mengatasnamakan Tan Tan berkenaan dengan kesalahan pemakaian atau konsumen dalam hal pemakaian dan/atau penggunaan produk-produk Tan Tan
  6. Tan Tan tidak bertanggung jawab jika terjadi pelanggaran Pasal 15, 16, dan 17. Member yang melanggar hal tersebut, harus mengganti segala kerugian yang ditimbulkannya, baik kepada Tan Tan maupun pihak ketiga yang dirugikan, termasuk dari segi aspek hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia

Pasal 20
Nama dan Logo Tan Tan

  1. Semua produk-produk Tan Tan telah didaftarkan di instansi yang berwenang baik merek, logo maupun hak ciptanya, sehingga Member dilarang keras memproduksi, menjual atau mengusahakan dari sumber lain produk-produk Tan Tan maupun alat bantu produk, seperti buku-buku, spanduk, makalah seminar, pin, sertifikat penghargaan, kartu nama maupun produk-produk lainnya yang bukan resmi dikeluarkan oleh Tan Tan sebelum terlebih dahulu diizinkan secara tertulis oleh Tan Tan
  2. Seorang member tidak boleh mengaku bahwa dia mempunyai kedudukan atau dapat mewakili Tan Tan dalam hal apapun, misalnya membuat ikatan kerja, menjual saham Tan Tan, memberikan penjelasan kepada media massa dan/atau hal lainnya yang sifatnya seolah?olah mewakili Tan Tan

Pasal 21

  1. Demi menjaga dan memelihara integritas usaha Tan Tan , maka bagi pihak-pihak dan termasuk member di dalamnya yang dengan sengaja atau tanpa sengaja menggunakan merek dagang logo Tan Tan tanpa izin dari Tan Tan, maka atas pelanggaran tersebut Tan Tan tanpa peringatan terlebih dahulu berhak mencabut kartu keanggotaan member, serta dapat menempuh jalur hukum baik pidana maupun perdata

Pasal 22
Kegiatan yang Dilarang Umum

  1. Member, Centre dilarang menggunakan atau memanfaatkan jaringan Tan Tan untuk mengadakan pelatihan-pelatihan atau acara khusus di luar bisnis Tan Tan dan atau bersifat komersial, kecuali telah mendapatkan izin secara tertulis dari Tan Tan
  2. Dalam menjalankan aktivitasnya, member tidak diperkenankan menggunakan suatu aktivitas pertemuan Tan Tan untuk kepentingan lainnya yang berhubungan dengan politik atau SARA
  3. Seorang member dilarang menyatakan bahwa dia ataupun member lainnya mempuanyai suatu daerah penjualan tertentu secara monopoli
  4. Seorang member dalam melakukan kegiatan kememberannya, dilarang melanggar dan wajib pada setiap waktu tunduk pada ketentuan Kode Etik ini
  5. Tan Tan dapat melakukan tindakan administratif berupa himbauan, peringatan, peringatan keras atau pencabutan keanggotaan terhadap pelanggaran ketentuan sebagaimana yang diatur dalam pasal ini

Pasal 23
Menjual Produk MLM Lain

  1. Member dilarang mempengaruhi atau mengajak member Tan Tan lainnya menjadi anggota perusahaan MLM lain atau segala jenis usaha perdagangan yang menggunakan sistem jaringan dalam bentuk apapun
  2. Member dilarang menjelek-jelekkan atau membandingkan produk atau jasa Tan Tan dengan produk jasa yang dipasarkan oleh perusahaan lainnya
  3. Member yang sudah berposisi Prime ke atas, atau sudah mendapatkan Reward atau Trip dilarang menjadi anggota (member) diperusahaan MLM lain atau segala jenis usaha perdagangan yang menggunakan sistem jaringan (network) dalam bentuk apapun
  4. Member (termasuk pasangannya) apabila bekerja sebagai staff management dan atau mendirikan perusahaan MLM lain atau segala jenis usaha perdagangan yang menggunakan sistem jaringan (network) dalam bentuk apapun akan dicabut keanggotaannya
  5. Member wajib pada setiap waktu mengutamakan penjualan produk-produk Tan Tan
  6. Tan Tan berhak mencabut keanggotaan member tanpa peringatan terlebih dahulu terhadap pelanggaran pasal ini

Pasal 24
Penyalahgunaan Sistem Marketing Plan

  1. Demi menjaga kelangsungan usaha Tan Tan serta melindungi kepentingan member dalam menjalankan usaha nya, maka dalam menjalankan aktivitasnya, member dilarang menyalahgunakan sistem Marketing Plan yang berlaku, antara lain seperti hal-hal yang diatur berikut ini:
    1. Member dilarang menarik dana dari member atau calon member dengan maksud untuk memenuhi persyaratan Marketing Plan dan/atau dengan menjanjikan mendapatkan prestasi atau posisi dengan cara singkat, sehingga dimungkinkan merusak citra Tan Tan ataupun mengganggu keberlangsungan usaha Tan Tan
    2. Menarik dana dari member tanpa membeli produk
    3. Melakukan jual beli PV (poin value) dan nilai rabat dengan maksud untuk memenuhi persyaratan Marketing Plan
  2. Tan Tan berhak mencabut keanggotaan member tanpa peringatan terlebih dahulu terhadap pelanggaran pasal ini

Pasal 25
Penjualan Produk

  1. Produk-produk Tan Tan tidak boleh dijual dan atau dipamerkan di toko-toko, toko obat, apotek, supermarket, kios-kios, atau tempat-tempat umum lainnya yang serupa, kecuali ditempat-tempat yang ditunjuk dan mendapat izin dari Tan Tan.
  2. Harga jual dari semua produk (harga konsumen) ditentukan oleh Tan Tan. Member dilarang untuk menjual produk-produk tersebut dengan harga yang lebih rendah dan/atau harga yang lebih tinggi dari harga konsumen
  3. Tan Tan berhak mencabut keanggotaan member tanpa peringatan terlebih dahulu terhadap pelanggaran pasal ini

Pasal 26
Peraturan dalam menjual Produk / Barang Secara Online

  1. Hanya menjual secara online melalui media yang disediakan oleh perusahaan dengan penawaran terbatas
  2. Dapat menawarkan atau memperkenalkan manfaat dari barang melalui media online yang diizinkan yaitu media sosial yang sifatnya terbatas teman-teman dari media sosial yang dimiliki oleh Member Tan Tan (penawaran terbatas)
  3. Dapat membangun blog yang fungsinya sebatas memperkenalkan barang. Harus ada disclaimer bahwa blog tersebut bukan milik perusahaan dan segala akibat hukum yang terjadi diluar tanggung jawab perusahaan. Nama blog tersebut tidak boleh menggunakan nama perusahaan
  4. Dapat menawarkan atau memperkenalkan manfaat dari barang melalui aplikasi chating smartphone yang sifatnya penawaran terbatas
  5. Dilarang memiliki webiste, blog ataupun bentuk lain dalam internet yang memiliki fasilitas penjualan online dan atau fungsi payment gateway diluar yang telah disediakan oleh perusahaan, termasuk penjualan di media online (market place)
  6. Dilarang menjual dan atau memasarkan dan atau memasang iklan barang melalui media online maupun media offline diluar media yang disediakan perusahaan

Pasal 27

  1. Member dilarang untuk melakukan pembelanjaan produk yang melebihi kewajaran yang bertujuan untuk menimbun produk
  2. Member dilarang membelanjakan atau menggunakan atau menjalankan kartu keanggotaan yang bukan atas namanya sendiri
  3. Kartu keanggotaan member dilarang dibelanjakan atau digunakan atau dijalankan oleh orang lain selain dirinya sendiri
  4. Tan Tan berhak mencabut keanggotaan member tanpa peringatan terlebih dahulu terhadap pelanggaran pasal ini

Pasal 28
Perihal Pelaporan Pengaduan

  1. Laporan pengaduan dapat diajukan ke Tan Tan oleh seorang member yang berkepentingan dan yang merasa dirugikan oleh member lainnya
  2. Laporan pengaduan harus dilaporkan secara tertulis kepada Tan Tan atau tempat-tempat yang ditunjuk oleh Tan Tan disertai dengan alasan-alasannya dan bukti-bukti yang cukup
  3. Laporan pengaduan yang dapat diajukan hanyalah yang mengenai pelanggaran terhadap peraturan dan kode Etik Tan Tan
  4. Tan Tan menjamin kerahasiaan setiap identitas pengadu atau pelapor

Pasal 29
Sanksi

  1. Tan Tan berhak sepenuhnya memberikan sanksi maupun melakukan peninjauan kembali atas sanksi yang dikeluarkan apabila dianggap perlu terhadap seorang member yang terbukti melakukan pelanggaran kode etik maupun Marketing Plan, baik hal tersebut berdasarkan laporan pengaduan maupun hasil pemeriksaan dari pihak Tan Tan
  1. Atas pertimbangan Tan Tan sendiri (dengan memperhatikan jenis pelanggaran), pelanggaran dapat dikenakan sanksi berupa:
    1. Himbauan
    2. Klarifikasi
    3. Peringantan
    4. Pencabutan keanggotaan
      Untuk menghindari keraguan, jenis-jenis sanksi di atas tidak harus diterapkan secara berurutan, namun terhadap suatu pelanggaran, Tan Tan berhak untuk langsung mengenakan sanksi pencabutan keanggotaan tanpa ada kewajiban untuk melakukan himbauan, klarifikasi, dan peringatan terlebih dahulu
  2. Untuk melindungi dan menjaga ketenangan member pada umumnya ataupun untuk menjaga keberlangsungan usaha perusahaan akibat perbuatan yang dilakukan member yang melanggar kode etik ini, maka perusahaan berhak untuk memberikan sanksi berupa pemberhentian sementara untuk waktu tertentu ataupun pencabutan keaggotaan member tanpa memberikan peringatan terlebih dahulu
  3. Pemberian sanksi berupa pencabutan keanggotaan member dilakukan oleh pejabat di Departemen Hukum Tan Tan atau Direksi Tan Tan atau kuasa hukum yang ditunjuk Tan Tan, dan diberitahukan kepada yang bersangkutan dalam bentuk tertulis
  4. Nama anggota dan nomor anggota dari member yang dicabut keanggotaannya/Terminate akan dicantumkan dalam website resmi atau majalah Tan Tan maupun media informasi lainnya yang dikeluarkan resmi oleh Tan Tan
  5. Segala komisi / reward / hadiah yang belum diterima tidak akan diberikan kepada yang bersangkutan, dan dinyatakan hangus terhitung sejak tanggal efektif pencabutan
  6. Tan Tan berhak untuk memberikan sanksi berupa pencabutan keanggotaan member tanpa memberikan peringatan terlebih dahulu, jika member telah ditetapkan sebagai tersangka dalam suatu dugaan tindak pidana atau menjadi tergugat atau termohon dalam suatu perkara perdata. Jika Tan Tan memutuskan untuk memberikan sanksi pencabutan terhadap member yang bersangkutan, namun di kemudian hari member tersebut berdasarkan suatu keputusan lembaga peradilan yang telah berkekuatan hukum tetap dinyatakan tidak bersalah (pidana) atau gugatan perdata terhadap member tersebut dinyatakan ditolak (perdata), maka Tan Tan, atas permohonan member tersebut, dapat meninjau kembali sanksi pencabutan yang telah dikenakan. Pasal 28 ayat 4, 5, dan 6 secara mutatis mutandis berlaku untuk pencabutan keanggotaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat 7 ini

Pasal 30
Penyelesaian Perselisihan

  1. Apabila terjadi perselisihan antara member dan Tan Tan mengenai pelaksanaan Peraturan dan Kode Etik ataupun kebijakan lain yang dikeluarkan oleh Tan Tan kepada member, maka perselisihan tersebut akan diselesaikan sesuai dengan prosedur-prosedur hukum serta persyaratan administrasi yang berlaku pada Pengadilan Negeri yang wilayah hukumnya mencakup tempat kedudukan Tan Tan. Segala keputusan dan ketentuan Pengadilan adalah bersifat mutlak dan bersifat mengikat semua pihak.
  2. Biaya masing-masing pihak ditanggung oleh masing-masing pihak tersebut.

Pasal 31
Penutup

  1. Tan Tan berhak untuk mengambil kebijakan sendiri terhadap hal-hal yang belum diatur dalam Kode Etik dan Peraturan member ini.
  2. Tan Tan berhak sepenuhnya untuk melakukan perubahan baik penambahan, pengurangan, maupun pembaharuan terhadap Kode Etik / Peraturan member maupun Marketing Plan dari waktu ke waktu demi menjaga kelangsungan usaha Tan Tan, setelah mendapat persetujuan dari BKPM, Kemendag dan Instansi terkait sebelum diberlakukan dan akan disosialisasikan terlebih dahulu paling sedikit 1 (satu) bulan.